ATM Di Jepang Kebanyakan Tidak Menerima Kartu ATM Asing

Sebagai salah satu negara maju, Jepang tak pernah ketingalan masalah perkembangan teknologi. Akan tetapi, faktanya banyak ATM di Jepang yang tak menerima kartu ATM asing alias tak mendukung transaksi kartu asing di Jepang. Hal ini tentunya sangat menyulitkan bagi Anda yang ingin berpergian ke negeri sakura. Namun agaknya Anda sedikit bisa lega karena masih ada ATM di Jepang yang mampu melakukan transaksi dengan kartu asing.



ATM Di Jepang Kebanyakan Tidak Menerima Kartu ATM Asing


Letak ATM di Jepang yang mampu menerima kartu asing

Jika Anda sering atau pernah berkunjung ke Jepang, mungkin Anda tak akan asing dengan 711. Sekilas, 711 Anda akan beranggapan bahwa 711 adalah toko kelontong biasa. Nyatanya, 711 lebih dari itu. Di toko kelontong ini Anda dapat menemukan sebuah mesin ATM yang bertuliskan 7 bank. Mesin ATM inilah yang dapat membantu transaksi kartu asing di Jepang.
Saat ini, seven bank memiliki lebih dari 21.000 ATM dan ditargetkan menjadi 30.000 ATM di tahun 2020. Seven bank nampaknya memiliki niat serius untuk memfasilitasi transaksi kartu asing di Jepang, terbukti dengan penambahan fitur 12 bahasa pada penghujung tahun 2015.
Selain 711, Anda juga bisa menggunakan ATM di kantor pos yang tersebar di seluruh wilayah Jepang. Jika Anda masih merasa kesulitan juga, cobalah melakukan transaksi kartu asing di Jepang saat Anda masih berada di bandara internasional (mesin ATM di bandara internasional Narita dan Haneda).

Jepang berbenah, atasi kesulitan transaksi kartu asing di Jepang

Di tahun 2020 nanti, Tokyo akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olympiade. Dengan adanya olypiade 2020 ini, pemerintah Jepang sedang berusaha untuk membenahi fasilitas ATMnya. Tiga bank besar Jepang (Mizuho Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corp, dan Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ) akan turut ambil andil dalam pembenahan fasilitas publik dengan membangun ATM yang dapat melakukan transaksi kartu asing di Jepang.
Mizuho berkomitmen bahwa pihaknya akan menyiapkan sekitar 1000 mesin ATM dengan tanpilan dan bahasa yang bersahabat bagi turis asing. Sumitomo Mitsui Banking Corp atau SMBC juga menetapkan target yang sama, 1000 ATM di tahun 2020. Kedua bank ini telah memulai menempatkan ATM unit baru yang mampu memfasilitasi transaksi kartu asing di Jepang sejak 2015 lalu. Tempat publik yang mereka sasar adalah bandara dan stasiun kereta.
Tak mau kalah dengan Mizuho bank dan SMBC, BTMU menyusun rencana yang sama dalam menyambut olympiade 2020. Langkah yang ditemuh BTMU relatif sama dengan 2 bank sebelumnya, yaitu menargetkan 1000 ATM yang mampu melakukan transaksi kartu asing di Jepang pada tahun 2020. Hanya saja, BTMU baru akan memulai aksinya di liburan musim semi 2016.

Comments