Cara Mudah Untuk Mencari Modal Untuk Usaha Anda

Saat anda mempunyai keinginan untuk membuka suatu usaha sendiri, yang paling pertama terpikir ialah apakah modal anda sudah cukup untuk memulai usaha tersebut? Modal memanglah bagian utama dalam proses membangun suatu usaha. Bagaimana jikalau anda tidak memiliki modal cukup? Apakah langsung terpikirkan susahnya untuk mendapat kredit di bank?


Tenang, saat ini mencari modal sudah lebih mudah dari beberapa tahun yang lalu. Simak beberapa uraiannya dibawah ini:

Cara Mudah Untuk Mencari Modal Untuk Usaha Anda

 

1. Pinjam dari Bank dengan Jaminan

Bank ialah tempat yang paling acap dituju orang yang membutuhkan modal usaha.  Ada program pinjaman pada bank yang dinamakan kredit multi guna (KMG) dimana Anda memberikan sejumlah jaminan misalnya aset properti atau kendaraan bermotor kepada bank. Bunga yang ditawarkan antara 9-12 persen dengan tenor antara lima sampai 20 tahun, tergantung jumlah pinjaman yang diambil.

2. Pinjam dari Bank tanpa Agunan

Anda pun mampu meminjam uang ke bank dengan memakai fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman ini merupakan favorit dari pencari modal karena tetap mendapatkan uang meskipun tanpa memberikan jaminan apa pun. Bunganya lebih besar dari KMG yaitu antara 10-23 persen! Disarankan tuk mengambil tenor cicilan yang lebih singkat.

3. Memakai Tabungan

Anda tak suka berhutang ke bank karena merasa bunga yang dikenakan terlalu tinggi? Anda mampu memakai tabungan tuk dijadikan modal usaha. trik ini jauh lebih aman karena tak berisiko berhutang.

4. Menjual Aset

Bila Anda mempunyai aset kayak properti, kendaraan bermotor, emas atau investasi lain yang menguntungkan, kenapa tak dijual untuk digunakan sebagai modal usaha? Bila usaha Anda berhasil, Anda mampu membeli aset yang telah dijual tadi dengan yang lebih bagus serta lebih banyak.

5. Mengadaikan Aset

Sayang pada aset Anda? Nah kenapa tak digadaikan saja ke institusi gadai? trik ini termasuk menguntungkan karena Anda tetap memperoleh modal usaha, sementara aset mereka tetap utuh. Tetapi jangan lupa tuk menebusnya kembali karena kalau tak aset tersebut akan disita oleh usaha gadai. Padahal harga gadai tak seberapa dibanding harga aset tersebut kalau dijual.

6. Pinjam dari Teman atau Saudara

Cara lain ialah mencoba mendapatkan pinjaman pada orang-orang dekat Anda misalnya pada teman, saudara, mertua, sepupu serta lain-lain. Pinjaman dari mereka mungkin tak banyak kayak Anda meminjam pada bank, tetapi pinjaman tersebut biasanya bebas bunga.

7. Ikut Pelatihan

Alternatif lainnya ialah mendapatkan modal yang disalurkan lembaga pemberdayaan ekonomi. Lembaga-lembaga ini acap melakukan training, pelatihan atau workshop yang mampu Anda ikuti. Biasanya setelah training, akan ada info soal akses modal usaha. Lembaga-lembaga penyelenggara training ini misalnya organisasi buruh PBB ILO atau lembaga penyalur kredit usaha rakyat (KUR)

8. Joint Venture

Anda mampu mengajak teman atau saudara tuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Modal usaha secara Joint venture ini pun akan menguntungkan karena modal serta pekerjaan akan dibagi sama rata, termasuk pun membagi kerugian. tapi lakukan perjanjian tertulis soal pembagian hasil antara Anda serta partner kerja tuk menghindari konflik pada waktu mendatang.

9. Modal dari Konsumen

Ada pun trik mendapatkan modal dari calon konsumen Anda. Wah memangnya bisa? Tentu saja, bisa. Anda mampu meminta uang muka jasa Anda terlebih dahulu pada calon konsumen, misalnya 30 persen. Uang muka tersebut mampu digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai serta mendapatkan pembayaran seluruhnya. trik kayak ini acap dilakukan pada usaha katering, sablon baju atau usaha laundry.

10. Franchise (Waralaba)

Sistem Franchise ini maksudnya usaha kerja sama antara pihak pemilik usaha dengan pelaku usaha. Pembagian keuntungan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati serta pemilik usaha akan menyediakan semua fasilitas serta modal yang kemudian akan dijalankan oleh pelaku usaha. Sistem ini tak mengeluarkan modal yang banyak bagi Anda sang pelaku usaha. Tetapi Anda harus memilih brand franchise yang telah terkenal sehingga kemungkinan untung lebih besar.

11. Sponsor dari Website

Cara terakhir yang kala ini jadi tren mencari modal usaha ialah sponsorship lewat website tertentu yang didukung teknologi internet yang canggih. Nama kerennya sih crowdfunding. Program ini masih tergolong baru pada Indonesia, tetapi telah cukup lama dikenal pada manca negara. Caranya kamu menawarkan jenis usaha yang akan Anda bikin lewat salah satu situs crowdfunding serta para pengunjung yang berminat mampu menjadi sponsor yang menyumbangkan uangnya. Sebagai gantinya, Anda mampu memberikan bayaran berupa reward sesuai dengan peraturan di situs tersebut. Beberapa situs crowdfunding pada Indonesia misalnya KitaBisa, Wujudkan, atau AyoPeduli.

Comments