Ini Alasan Mengapa Anak Jepang Dibiarkan Pulang Pergi Sekolah Sendirian

Negara Jepang merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia dengan peradaban dan modernitas yang sangat tinggi. Maka dari itu kita tak usah ragu dengan hal hal yang sungguh sangat mencengangkan di sana. Di Jepang tidak hanya transportasi yang sangat terkenal, namun Jepang juga memiliki kultur budaya yang tinggi yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Anak-anak Jepang dilatih hidup keras karena mereka digembleng menjadi pribadi yang kuat. Dalam hal ini adalah salah satunya sejak SD sudah dilatih pulang pergi ke sekolah sendirian. Hal ini tentunya standar di sana sudah memungkinkan. Berikut alasan mengapa Anak-anak Jepang seperti itu:

 

Ini Alasan Mengapa Anak Jepang Dibiarkan Pulang Pergi Sekolah Sendirian


1.Hidup Mandiri

Hal yang dijunjung Anak-anak Jepang adalah bisa hidup mandiri. Mereka dilatih menjadi pribadi yang tak selalu mengandalkan orang lain. Mereka harus bisa berjuang sendiri dengan kemampuannya. Apalagi dengan pulang pergi dengan sendirian akan menambah banyak pengalaman. Alhasil para Anak-anak Jepang ini berani melakukan hal-hal yang mungkin orang lain tak berani melakukan.

2.Tak Menyusahkan Orang Lain

Hal yang bisa dipelajari dari anak-anak Jepang adalah tidak mau menyusahkan orang lain. Dengan pulang pergi sekolah sendiri, mereka bisa mengetahui kejadian yang ada di sekitar mereka. Mereka bisa mengambil hikmah dari beragam hal yang dialami dalam setiap perjalanan.

3.Mendapatkan Pengalaman

Anak-anak Jepang memiliki banyak wawasan karena setiap pulang pergi sekolah mereka mendapati beragam pengalaman. Kadang dia mengetahui kasus pencopetan, kasus tolong menolong, atau mereka sendiri sedang tersasar di jalan. Hal tersebut bisa menjadi sebuah pembelajaran yang sangat berarti bagi Anak-anak Jepang.

Orangtua tak khawatir anak-anak mereka pulang pergi sendirian sebab mereka membekali si buah hati dengan kemampuan mencari jalan yang dituju dan standar keamanan di Jepang sangat tinggi. Jadi tak ada rasa khawatir yang berlebihan.

4.Membentuk Karakter

Nilai yang ingin diberikan pada Anak-anak Jepang adalah karakter. Orang Jepang sangat dikenal tangguh dan berani. Maka sejak dini anak-anak dilatih agar tak cengeng, berani bertindak, dan berani mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dengan pulang pergi sekolah sendiri ini akan membuat mereka terlatih menghadapi sebuah permasalahan. Karakter inilah yang seharusnya ditiru bangsa kita. Membekali anak anak dengan keberanian.

Negara Jepang ini bisa dijadikan sebuah contoh dalam mendidik dan mengajari anak-anak. Mereka yang memiliki SDM tinggi saja mau jalan kaki, masa disini kita terlalu mengandalkan kendaraan mau kemana-mana.

Budaya disiplin, budaya belajar, kerja keras, dan minta maaf adalah ciri khas negeri Sakura tersebut. Anak-anak Jepang adalah anak yang sangat tangguh dan juga membanggakan. Mereka sejak dini sudah dilatih hidup keras agar terbiasa dengan kesulitan namun bertujuan untuk membangun mental. Pendidikan karakter itu perlu sejak dini.

Comments