Jangan Sekali-Kali Melakukan 6 Larangan Ini Saat di Jepang

Fakta larangan di Jepang- Setiap Negara pasti memiliki tradisi atau peraturan yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakat setempat, begitupun Negara Jepang. Hal yang menurut kamu wajar di Indonesia di Negara Nippon bisa jadi fakta larangan di Jepang yang tidak boleh dilanggar. Penasaran apa saja fakta larangan di Jepang tersebut. Jangan beranjak untuk menyimak informasi berikut.


1.    Berbagi sumpit
Jika di Indonesia ada orang kesulitan mengambil makanan dengan sumpit pastinya kamu ingin membantunya bukan? Tapi jangan sesekali melakukan ini di Jepang karena dianggap tidak sopan. Ternyata fakta larangan di Jepang ini mirip dengan prosesi pemakaman yang horror dan mengerikan yang mana sisa kremasi mayat manusia akan dipindah dengan sumpit ke dalam satu vas. Hal tersebut juga berlaku pada sumpit untuk passing food.

2.    Memetik bunga sakura
Kelopak bunga sakura merupakan symbol nasional dari Negara Jepang. Berdasarkan estetik masyarakat Jepang, bunga sakura lebih indah karena fase hidupnya yang pendek dan dianggap sedikit keramat, Jika di Indonesia kamu gemar memetik berbagai jenis bunga, tapi ketika di Negara Matahari terbit jangan sampai melanggar fakta larangan di Jepang ini ya. Betapapun kamu tergiur untuk memetik karena keindahannya, sebab selain beresiko terkena alergi kamu akan dicap sebagai ‘pencuri kultur’.

3.    Tidak membungkuk saat di hadapan orang lain
Seperti di sinetron-sinetron ketika orang Jepang bertemu orang lain baik teman, keluarga rekan bisnis pasti akan menunduk, karena jika tidak maka kamu bisa dicap tidak punya malu dan kasar. Tapi bisa orang Jepang tersebut pengertian maka akan langsung berjabat tangan dengan menggapai tangan kamu, mungkin kamu akan bingung dan secara reflek membungkuk. Jika sudah tahu budaya Jepang mending nunduk duluan lah.

4.    Memberi tip pada pegawai restoran
Fakta larangan di Jepang ini berupa peraturan bahwa pelayan tidak akan menerima tip pelanggan namun bukan karena himbauan atasan. Ketika kamu memberi tip maka tatapan tidak enak akan mengarah pada kamu dari pelayan karena kamu telah dianggap merendahkan dan menginjak-injak harga diri mereka.

5.    Menenggak minuman sebelum berkata “Kanpai!”
Apabila kamu minum dengan kawan atau sekelompok orang pada satu grup baik kecil maupun besar dan minum sendirian secara langsung jangan lupa berkata “Kanpai!”. Hal ini merupakan sebuah tradisi Jepang yang tidak pernah ditinggalkan.
 “Kanpai!”dalam bahasa Jepang yang berarti “bersulang”. Jika kamu mengabaikan fakta larangan di Jepang ini kamu bakal dianggap kurang ajar, egois, bahkan anti-sosial. Fatal bukan?

6.    Membuang ingus, berbicara melalui HP, dan menguap di depan umum
Jika hendak melakukan 3 hal tersebut lakukan di tempat tersembunyi seperti toilet. Jika kamu mengabaikan fakta larangan di Jepang ini sudah pasti mengganggu kenyamanan orang lain karena merasa jijik. Bahkan kamu bakal dicap buruk dalam waktu lama bahkan seumur hidup.

Jadi jika kamu berkesempatan mengunjungi Jepang misalnya liburan, jangan sampai melanggar fakta larangan di Jepang tersebut ya, supaya tidak dicap jelek apalagi antisocial dll.

Comments