Wahh Jepang Sekarang Sudah Punya Jeruk Segi Lima

Masyarakat Jepang memang dikenal dengan ide kreatif serta inovasi dalam berbagai produk serta termasuk dalam bidang pertanian, jeruk bentuk segi lima pada Jepang ialah yang pertama kali pada dunia. Jeruk berbentuk segi lima ini disebut Gokakukei Iyokan.  ’Iyokan’ yang bermakna  ‘jeruk musim panas Jepang’, serta ‘gokakukei’ yang bermakna ‘segi lima’, sehingga bermakna jeruk musim panas Jepang berbentuk segi lima.


Namun apabila ditulis dalam kalimat Goukaku Ii Yokan maka mempunyai arti yang berbeda dari dua kata yaitu pertama, ‘Goukaku’ yang bermakna ‘berhasil lulus ujian’ serta ‘ii yokan’ yang bermakna ‘firasat yang baik’,  sehingga jeruk bentuk segi lima ini bermakna firasat yang baik tuk meraih keberhasilan ujian.

Memang dari dahulu petani Jepang mempunyai kebiasaan suka memberikan buah-buahan dalam bentuk unik serta menarik kepada para siswa SMA yang tengah menjalani Ujian Nasional atau ujian masuk Perguruan Tinggi. Jeruk bentuk segi lima ini dimaknai sebagai simbol keberuntungan oleh masyarakat negeri Sakura, diberikan bagi siswa serta terutama yang akan pergi jauh tuk mengikuti ujian yang berat.

Sampai sekarang pertanyaan siapakah petani kreatif serta pintar yang pertama kali membikin jeruk unik berbentuk segi lima tersebut ?

Setelah searching pada dumay, kami tak menemukan siapakah petani yang pertama mempunyai gagasan kretif tuk membentuk jeruk menjadi segi lima. Namun yang pasti masyarakat Jepang yang suka mengkonsumsi jeruk semakin tergugah serta tak bosan dengan keberadaan jeruk unik ini.

Pada awalnya, petani cuman memproduksi jeruk segi lima dengan jumlah 300 saja tuk dijual pada pasar setempat, akan tetapi konsumen sangat menyukai jeru berbentuk unik itu, sehingga sekarang menjadi buah yang terkenal serta populer yang mudah tuk menemukan jeruk segi lima pada negeri Matahari Terbit.


Petani lokal Indonesia sebenarnya bisa saja membikin buah jeruk pentagonal ini, cara membikin jeruk berbentuk segi lima : pada kala buah jeruk berukuran sedang, maka taruhlah cetakan berbentuk segi lima pada buah. Buah jeruk ini akan terus tumbuh yang akan memenuhi cetakan bentuk segi lima itu.

Comments