Pengertian root android (fungsi, kelebihan dan kekurangannya)

Pengertian root android (fungsi, kelebihan, dan kekurangannya).

Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistemdalam sistem operasi berbasis linuk (termasuk Android). Intinya, 'root' memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android.




FUNGSI ROOT

Fungsi untuk melakukan root pada perangkat berbasis Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk keren dalam sistem Android. Dengan melakukan root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file atau data-data yang terletakpada sistem Android, di mana dalam keadaan standar (belumroot) berkas tersebut tidak dapat diakses. Fungsi root Android adalah memberikanhak administrator kepada pengguna seperti dalam sistem komputer ataupun Linux. 


BERIKUT KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ROOT android:


Kelebihan root perangkat Android yang telah diroot :

*.Akses tak terbatas dalam sistem operasi Android.
*.Dapat menghapus aplikasibawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna.
*.Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi.
*.Dapat mengubah tampilanmelalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi yang tidak dirilis oleh vendor.
*.Dapat melakukan Overclockprosesor sehingga kinerja ponsel manjadi lebih cepat.



Kekurangan root perangkat Android yang telah diroot:

*.Garansi perangkat hilang; semua vendor ponsel mengatakan bahwa perangkat Android yang telah diroot akan hilang masa garansinya, karena dengan rooting, pengguna sudah memodifikasi berkas sistem pada sebuah perangkat Android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan perangkat Android yang telah diroot.
*.Rentan terhadap virus dan perangkat perusak.


CATATAN:
Nah, maka dari itu sebelum sobat melakukan root pada perangkat,  harap diperhatikan dan mengerti kelebihan dan kekurangan tentang rooting android.

Sekian artikel tentang Pengertian root android (fungsi, kelebihan, dan kekurangannya) semoga bisa membantu!

Comments