cara membuat aplikasi android lewat hp android

Pernah kepikiran ga sih untuk buat aplikasi android lewat hp android ? Hmm, kalo iya sekarang kamu lagi berada di tempat yang tepat. karena saat ini saya akan sharing mengenai Aplikasi yang akan mengajari kita tentang Bahasa Pemrograman Android yaitu Java dan XML. Meskipun Android sekarang sudah mendukung beberapa bahasa seperti HTML5 dan Flash.
Namun sekarang kita akan belajar bahasa JAVA aja dulu karena bahasa ini sudah sangat umum dan paling banyak dipakai, semua alat elektronik menggunakan java seperti microwave, mesin ATM, Televisi dan masih banyak lagi.


CARA MEMBUAT APLIKASI ANDROID LEWAT HP ANDROID


Untuk  membuat aplikasi android lewat hp, hal pertama yang harus  kamu lakukan adalah dengan men-download dulu aplikasi yang bernama AIDE download AIDE via playstore.


AIDE—Android Java IDE, merupakan singkatan dari Integrated Development Environment untuk membuat aplikasi Android langsung dari perangkat Android. Dengan menggunakan aplikasi Android AIDE, memungkinkan pengembang aplikasi untuk menulis, mengkompilasi dan menjalankan aplikasi android yang sedang dikembangkan langsung pada perangkat Android kamu. Biasanya, ketika para pengembang aplikasi ingin membuat aplikasi android  mereka melakukannya pada mesin atau komputer terpisah yang menjalankan program Eclipse (atau IDE alternatif lain). 
baca: cara membuat aplikasi android dengan Eclipse

oke lanjut ke cara membuat aplikasi android lewat hp android. kita akan membuat aplikasi kalkulator sederhana  berikut cuplikannya:


langsung buka aplikasi  AIDE jyang tadi kamu download maka akan ada tampilan pertama seperti ini


Karena kita ingin membuat aplikasi kalkulator sederhana maka kita ganti MyApp dengan namaKalkulator_Sederhana.



Klik Create, lalu akan muncul tampilan seperti ini:




Kemudian cari dan touch file main.xml di folder /sdcard/AppProject/Kalkulator_Sederhana/res/layout, berikut gambar nya:


Disinilah kita mulai mengcoding layout dari aplikasi tersebut, jika sudah mahir dalam membuat  code main.xml maka kamu bisa mendesain aplikasi sesuai keinginan kamu, tapi kalo belum bisa silahkan kamu pakai code main.xml yang saya berikan
 berikut code main.xml untuk kalkulator sederhana.

Setelah itu kembali lagi ke main.xml kemudian klik/touch icon pic untuk melihat hasil design layoutnya.


jika sudah bagus maka kembali dan cari lah file MainActivity.java di folder/sdcard/AppProject/Kalkulator_Sederhana/src/com/mycompany/myapp


kemudian masukan kodenya seperti dibawah ini:

Setelah dicoding seperti itu langsung bisa dijalankan dengan mengklik menu dan run


kemudian install and open.
 selamat kini kamu telah berhasil membuat aplikasi android lewat hp android  sederhana,

cara di atas adalah hanya salah satu cara dari sekian banyak CARA MEMBUAT APLIKASI ANDROID LEWAT HP.



Comments