3 Pertanyaan Penting Tentang Keuangan Sebelum Kamu Menikah

“Seberapa siap kau meminangku? Kasih tahu aku kaitannya dengan keuanganmu”
Perencanaan pernikahan bukan hanya terletak pada persiapan pesta penikahan yang pastinya akan selalu dibuat sedetail mungkin dengan segala perhitungan biaya sesuai dengan budget. Tetapi, hal lain yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan beberapa pertanyaan keuangan sebelum menikah. Bukannya apa-apa, tetapi hal ini merupakan salah satu pokok dari sebuah permasalahan dalam setiap rumah tangga yang kerap kali muncul.


Mungkin bagi kamu, yang akan menikah perihal tentang pertanyaan keuangan sebelum menikah pernah terbesit untuk ditanyakan kepada pasanganmu. Bahkan, faktanya bisa dilihat dengan adanya perbincangan mengenai kondisi keuangan akan membuat suatu hubungan jauh dari kata pisah. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan keuangan sebelum menikah yang patut kamu tanyakan untuk memastikan kalau kalian berdua pada posisi keuangan yang sama.

 3 Pertanyaan Penting Tentang Keuangan Sebelum Kamu Menikah


1. Bagaimana cara pasanganmu dalam membelanjakan uang?

Pertanyaan keuangan sebelum menikah semacam ini pastinya bakalan menimbulkan suatu pertentangan di antara kalian berdua. Perlu diingat sebelumnya, bahwa dalam pernikahan tentunya dimaksudkan untuk menyatukan dua insan yang berbeda dengan segala keunikan masing-masing. Adanya pertanyaan semacam ini, pastinya kalian berdua memiliki pandangan yang berbeda dalam membelanjakan keuangan masing-masing.
Munculnya dua perbedaan pendapat ini, tentunya akan memaksa kamu untuk pandai-pandai beradaptasi dengan adanya perbedaan yang terletak pada diri masing-masing. Perlu kamu ketahui, bahwa dengan cara mendiskusikan ketertarikan dalam membelanjakan keuangan dengan pasanganmu, tentunya hal ini bakalan buat kamu merasa lebih dihargai.

2. Apa pendapatmu mengenai soal berhutang?

Hal lain yang perlu kamu tanyakan kepada pasanganmu berkaitan dengan pertanyaan keuangan sebelum menikah adalah suatu hal yang berkaitan dengan hutang. Mungkin pertanyaan semacam ini bisa dikatakan sebagai pertanyaan yang cukup penting untuk ditanyakan sebab adanya sangkut pautnya dalam kesepahaman di antara keduanya. Bahkan, dalam sebuah pernikahan jika salah satu dari kamu ataupun pasangan kamu terpaksa harus berhutang, maka tanggung jawab pengembalian hutang ada pada kalian berdua. Dengan keberadaan hutang dalam hidupmu, maka kamu akan lebih belajar dalam mengatur keuanganmu serta berusaha bijak dalam membelanjakan hutang yang kamu miliki sebelum ada pendapatan yang masuk.

3. Apa pendapatmu berkenaan dengan kebiasaan menabung?

Lain halnya dengan permasalahan hutang, pertanyaan keuangan sebelum menikah lain yang perlu kamu ketahui adalah permasalahan menabung. Perlu kamu ketahui bahwa adanya kebiasaan menabung dapat menyelamatkan kamu dan pasanganmu dari datangnya kebutuhan darurat. Permasalahan seperti ini perlu kamu bicarakan dengan calon pasanganmu dengan harapan akan tercapainya setiap keinginan yang kamu dan pasanganmu impikan di masa yang akan datang seperti membeli rumah.

Tiga pertanyaan keuangan sebelum menikah di atas merupakan beberapa pertanyaan wajib yang perlu kamu bicarakan untuk mendapatkan titik terangnya. Bahkan dengan adanya perbincangan semacam ini akan membuat keluarga yang akan kamu bina menjadi lebih damai dan disertai dengan adanya rasa saling memahami dan menghargai. Dengan demikian, sebelum memasuki jenjang pernikahan, alangkah baiknya kamu ajuka pertanyaan keuangan sebelum menikah di atas kepada pasanganmu.

Comments