5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menabung di Bank

Menabung di bank memang sebuah hal positif yang akan sangat bermanfaat bagi kita dalam menjalani kehidupan. Bank sebagai salah satu badan usaha menawarkan banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh pelangganya seperti bunga dan juga hadiah. Jika kamu berniat untuk menabung uang di bank, ada baiknya kamu mengetahui kelima kelemahan menabung di bank yang nantinya akan kamu alami.


 Kelima kelemahan menabung di bank ini penting untuk diketahui agar nantinya kamu bisa menyesuaikan dan menabung di bank bisa menghadirkan manfaat yang positif. Berikut kelima kelemahan menabung di Bank yang harus kamu ketahui.

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menabung di Bank


1.Biaya administrasi pada awal pembukaan buku tabungan

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum membuka buku tabungan di bank yaitu, setiap bank menerapkan biaya administrasi bagi para nasabah pada saat membuka buku tabungan.
 Memang jumlah yang dikenakan untuk biaya administrasi ini tidaklah besar, namun bagi seorang pelajar yang ingin menabung uang sakunya tentu cukup memberatkan. Sebelum kamu menabung pada bank ada baiknya mengetahui berapa biaya adminitrasi yang harus dikeluarkan, karena bank satu dan lainya menerapkan besaran yang berbeda.

2.Uang yang kita simoan di Bank bisa berkurang

Salah satu hal yang menjadi motivasi seseorang untuk menabung uangnya di bank yaitu mendapatkan bunga setiap bulanya. Namun tahukah kamu bahwa menabung di bank juga bisa membuat uangmu cepat habis. Inilah salah satu kelemahan menabung di Bank.
Biaya-biaya yang membuat tabungan kamu berkurang seperti biaya administrasi bulanan, pajak bunga, atau biaya penggunaan kartu ATM. Jika kamu memiliki tabungan dan ingin mengabil uang melalui ATM, sebaiknya menggunakan ATM bank kamu sendiri, karena jika mengambil di ATM bank lain kamu akan dikenakan biaya transaksi.

3.Uang disimpan dalam bentuk investasi tidak bisa diambil dengan mudah

Cara untuk mendapatkan keuntungan menabung di bank yaitu memilih investasi jangka panjang seperti Giro salah satunya. Kelemahan menabung di Bank dalam bentuk ivestasi ini yaitu tidak bisa digunakan untuk berjaga-jaga karena uang tidak bisa kamu cairkan dengan cepat.
Memang investasi jangka panjang menawarkan bunga yang lebih besar dibandingkan tabungan, namun bank menerapkan jangka waktu selama periode tertentu agar uang bisa dicairkan.

4.Inflasi

Banyak orang yang berfikiran cara untuk melakukan investasi adalah menabung uangnya di bank. Namun perlu kamu ketahui bahwa tingkat inflasi sekarang ini sangat tinggi, menabung di bank sudah tidak efisien lagi jika digunakan untuk investasi jangka panjang.

5.Bunga kecil

Jika kamu menabung dengan harapan uang akan berkembang dengan cepat, maka kamu bisa melakukan investasi lainnya saja karena bunga yang didapatkan di bank sangat kecil, jadi dibuthkan waktu yang lama untuk berkembang, apalagi jika tabungan kecil.

Berikut kelima kelemahan menabung di bank yang harus kamu ketahui sebelum menabung di bank, jika sudah kamu bisa memikirkan kelima hal ini apakah kelima kebijakan di bank ini masih mampu untuk merealisasikan tujuan yang kamu inginkan.

Comments