Resep Cara Membuat Donat kentang Empuk, Enak, dan Lezat



Resep Cara Membuat Donat kentang Empuk, Enak, dan Lezat


Bahan Membuat Donat Kentang :

  1. 500 gram tepung terigu protein tinggi
  2. 4 butir kuning telur
  3. 250 gram kentang
  4. 100 gram gula pasir
  5. 100 gram mentega
  6. 100 ml air dingin
  7. 50 gram susu bubuk full cream
  8. 11 gram ragi instan
  9. 1 liter minyak goreng
  10. 1/2 sendok teh garam

Topping Membuat Donat Kentang :

  • 50 gram mentega
  • 50 gram meses
  • 50 gram gula halus

Cara Membuat Donat Kentang :

  1. Langkah pertama rebus kentang hingga lunak dan matang, kupas kulitnya dan potong kentang menjadi kecil-kecil, tumbu hingga halus.
  2. Masukkan tepung terigu kedalam baskom, tambahkan gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan kedalamnya, aduk-aduk hingga merata. Lalu masukkan kentang yang telah halus kedalam adonan, aduk-aduk lagi hingga rata.
  3. Tambahkan kuning telur dan air dingin, aduk hingga rata. Setelah rata tambahkan mentega dan garam, aduk dan remas-remas adonan dengan tangan hingga adonan tidak menempel lagi ditangan.
  4. Tutup adonan dengan serbet basah selama 30 menit agar adonan mengembang, setelah itu bentuk adonan seperti cincin (bulat dengan lubang ditengahnya).
  5. Taruh donat yang telah dibentuk diatas piring atau wadah yang telah ditaburi sedikit tepung sebelumnya. Setelah selesai diamkan donat selama 20 menit.
  6. Sambil menunggu, panaskan minyak lalu goreng donat sambil diputar-putar dengan menggunakan sumpit, goreng donat hingga berwarna kuning kecoklatan.
  7. Selanjutnya tiriskan donat yang telah matang, kemudian oleskan donat dengan mentega, lalu tempelkan donat diatas meses. Selain meses bisa juga donat ditaburkan dengan gula halus.
  8. Langkah terakhir taruh donat diatas piring dan donat kentang siap untuk dihidangkan.

Comments