Resep Cara Membuat Puding Semangka Lezat Bergizi


Resep Cara Membuat Puding Semangka Lezat Bergizi


Bahan Puding Warna Merah :

  1. Daging jambu biji merah 250 gram ( dipotong-potong kecil agar mudah dihaluskan )
  2. Air 250 mili liter
  3. Agar-agar bubuk warna putih 1 bungkus
  4. Gula pasir 100 gram
  5. Pewarna makanan warna merah muda 4 tetes
  6. Putih telur 4 buah
  7. Gula pasir 2 sendok makan
  8. Kismis 30 gram ( potong kecil agar menyerupai biji buah semangka asli, untuk kismis bisa juga diganti dengan biji selasih yang direndam dengan air panas agar mengembang )

Bahan Puding Warna Kuning :

  • Agar-agar bubuk putih 1 bungkus
  • Air 300 mili liter
  • Gula pasir 50 gram
  • Pewarna makanan warna kuning 2 tetes

Bahan Puding Warna Hijau :

  • Agar-agar bubuk putih 1 bungkus
  • Air 300 mili liter
  • Gula pasir 50 gram
  • Pewarna makanan warna hijau tua 3 tetes

Cara Membuat Puding Semangka Lezat Bergizi:

  1. Langkah awal siapkan blender untuk menghaluskan daging buah jambu biji. masukkan jambu biji dan air, proses hingga halus dan takar 450 mili liter.
  2. Setelah itu masukkan jus jambu, agar-agar, dan gula pasir 100 gram ke dalam panci. masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. beri 4 tetes pewarna makanan warna merah muda lalu aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  3. Selanjutnya kocok putih telur hingga mengental, lalu masukkan sedikit demi sedikit gula pasir sambil terus dimixer hingga adonan menjadi kaku. ( adonan kaku ditandai bila wadah dibalik adonan telur tidak akan tumpah )
  4. Langkah selanjutnya tuang adonan agar-agar ke dalam adonan putih telur yang telah kaku tadi lalu aduk kembali dengan whisk atau alat pengaduk lainnya hingga kedua adonan tercampur dengan rata.
  5. Tuang adonan pertama kita ke dalam wadah berbentuk segitiga yang telah diolesi dengan air matang sebelumnya dan jangan sampai lupa sisipkan potongan-potongan kismis ke dalam adonan.
  6. Sambil menunggu adonan pertama beku, kita siapkan bahan kedua atau bahan puding warna kuning. langkah awal tuang agar-agar dalam panci dengan air, aduk rata. tambahkan gula pasir dan terus diaduk hingga gula larut dengan sempurna. tambahkan 2 tetes pewarna kuning dan aduk hingga rata. tuang adonan kedua diatas adonan pertama yang telah beku. dinginkan kembali.
  7. Lanjut untuk adonanan ketingga atau adonan hijau, lakukan langkah yang sama seperti membuat adonan kedua atau adonan kuning, setelah jadi tuang adonan di atas adonan kuning yang sudah beku. kembali dinginkan semua adonan puding.
  8. Setelah adonan puding dingin, masukkan kedalam lemari es agar lebih segar. keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera.

Comments