Berikut 5 Tips Kelola Uang Ala Orang Kaya

Pernahkah anda perhatikan kenapa orang kaya itu tak pernah kehabisan uang? Sebenarnya ada faktor lain selain besarnya penghasilan yang dimiliki, yaitu cara orang kaya mengelola uang.

Ya, cara orang kaya mengelola uang memang sangatlah berpengaruh dalam awet tidaknya uang yang dimiliki. Semakin padai megatur uang maka semakin awet pula uang tersebut. Namaun, yang sering terjadi adalah uang yang semakin menipis, atau bahkan baru bebrapa minggu setelah gajian uang sudah habis.


Sementara itu, coba tengoklah orang kaya baik awal bulan tengah bulan maupun akhir bulan seakan tak ada bedanya bagi mereka. Nah, bagi anda yang ingin tahu apa sih rahasia orang kaya dalam mengelola uang mereka? Coba anda perhatikan dengan seksama cara orang kaya mengelola uang berikut ini:

Berikut 5 Tips Kelola Uang Ala Orang Kaya


1. Selalu menabung

Percaya atau tidak orang kaya selalu menabung sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sesuatu. Cara orang kaya mengelola uang untuk ditabungan adalah dengan menyisihkan pemasukan mereka pada awal bulan dalam jumlah tertentu secara konsisten, bukan seperti kebanyakan dari kita yang menyisihkan uang diakhir bulan. Jika ditelisik, pemikiran seperti ini ada benarnya karena menyisihkan uang diawal bulan berarti menabung sekaligus membuat uang cadangan jika nantinya ada keperluan mendesak dan tak terduga sebelumnya.

2. Setiap pengeluaran ada alasan

Jangan difikir orang kaya tak pernah fikir panjang ketika ingin membeli sesuatu yang dinginkan. Orang kaya justru akan memriksa dengan detail apakah barang yang akan dibeli benar benar dibutuhkan atau tidak. Ini bukan berarti orang kaya itu pelit, tetapi lebih dikarenakan karena mereka menghargai setiap sen uang yang dihasilkan dengan susah payah dan memang beginilah cara orang kaya mengelola uang mereka.

3. Investasi

cara orang kaya mengelola uang dengan berinvestasi ini patut dicoba. Pasalnya dengan investasi, uang tak akan hanya diam seperti halnya uang dalam celengan. Namun, uang akan berkembang menjadi lebih banyak meski ada juga kemungkinan mengalami kerugian.

4. Hidup sederhana

Orang kaya yang sebenarnya justru menyukai hidup sederhana. Jadi, anda jangan berfikir bahwa kehidupan orang kaya dan cara orang kaya mengelola uang itu sama dengan apa yang digambarkan di sinetron-sinetron Indonesia.

5. Banyak beramal

Beramal tidak akan membuat miskin. Bukankah dalam Islam juga diajarkan bahwa barang siapa yang beramal menggunakan kekayaan mereka dengan ikhlas, maka Allah akan menggantinya dengan kekayaan yang berlipat-lipat? Bukankah juga telah tebukti bahwa orang kaya yang selalu membayar zakatnya tak pernah jatuh miskin? Tirulah cara orang kaya mengelola uang yang terakhir ini dan bukan hanya kekayaan berlebih yang anda dapatkan, melainkan pula pahala berlipat serta keberkahan harta yang anda miliki.

Lima hal yang telah dibahas dalam semua poin diatas perlu kita terapkan dalam pengelolaan kita agar kita juga ikut tertular bijak dalam mengatur keuangan.

Comments