Inilah 10 Tingkatan IQ Pada Seseorang

Kecerdasan Pikiran ini merupakan kecerdasan yang bertumpu kemampuan otak kita untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah. bila kita mengikuti Psikotes, ada tak sedikit soal yang menuntut kejelian pikiran kita untuk menjawabnya, misalnya soal mengenai delik ruang kayak bentuk ruang kubus yang diputar-putar akan jadi kayak apa. Soal ini bertujuan untuk melihat kemampuan pikiran kita dalam menyelesaikan suatu masalah dari aneka macam sisi.


Kisaran rata-rata IQ manusia normal merupakan 91~110, Penemuan modern menunjuk pada fakta bahwa kecerdasan manusia itu cuma 42% yang dibawa dari lahir, sementara sisanya, 58% merupakan hasil dari proses belajar.

Untuk klasifikasi umum, Tingkatan IQ Pada Seseorang menggunakan klasifikasi berdasarkan hasil nilai yaitu :

    70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
    80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
    91 – 110 :   Tingkat IQ normal atau rata-rata
    111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
    120 – 130 : Tingkat IQ superior
    131 : atau lebihTingkat IQ amat superior atau jenius

Berikut ini akan sedikit dipaparkan serta dapat dijadikan gambaran untuk menilai Tingkatan IQ Manusia :

1. Idiot IQ (0-29)

Idiot dikelompok kedalam orang yang keterbelakangan mentalnya paling rendah. Orang kayak ini cuma bisa mengucapkan beberapa kata aja bahkan tak dapat ngobrol sekalipun. Biasanya tak dapat mengurus dirinya seorang diri kayak mandi, berpakaian, makan serta sebagainya, seumur hidupnya cuma tinggal ditempat tidur saja. Perkembangan intelegensinya dapat disamakan dengan anak normal 2 tahun

2. Imbecile IQ (30-40)

Level Imbecile setingkat lebih tinggi dari pada anak idiot. Ia cuma dapat belajar berbahasa serta dapat mengurus dirinya. Anak level ini dapat kita berikan pekerjaan-pekerjaan ringan, walaupun kesehariannya kerap bergantung, tetapi belum dapat mandiri. Kecerdasannya setara dengan anak normal berusia 3 hingga 7 tahun. Anak-anak imbecile tak dapat dididik di sekolah biasa.

3. Moron atau Debil IQ / Mentally retarted (50-69)

Ditingkat tertentu anak kelompok Debil IQ masih dapat belajar membaca, menulis, membuat perhitungan sederhana, bisa merencanakan serta memecahkan permasalahan. tak sedikit anak-anak debil ini mendapat pendidikan di sekolah-sekolah luar biasa.

4. Kelompok bodoh IQ dull/ bordeline (70-79)

Kelompok ini berada diatas kelompok terbelakang serta dibawah kelompok normal (sebagai batas). Orang tingkat ini telah bisa bersekolah pada sekolah lanjutan walaupun akan mengalami kesusahan waktu semester akhir.

5. Normal rendah (below avarage), IQ 80-89

Orang pada level ini memiliki daya logika lambat dalam belajarnya tetapi dapat digolongkan kedalam kelompok rata-rata atau sedang pada tingkat bawah.

Baca Juga Nanti: Juara Dunia Onani Tak Terkalahkan, Masanobu Sato

6. Normal sedang, IQ 90-109

Level ini merupkan kelompok normal atau rata-rata, orang ditingkat ini merupakan kelompok terbesar presentasenya dalam populasi penduduk dunia.

7. Normal tinggi (above average) IQ 110-119

Kelompok ini merupakan kelompok orang yang normal tetapi berada pada tingkat daya logika yang tinggi.

8. Cerdas (superior) ,IQ 120-129

Orang cerdas amat berhasil dalam pekerjaan serta akademik. Orang kayak ini ditempatkan pada kelas-kelas biasa, ketua kelas biasanya dari golongan ini.

9. Amat cerdas (very superior/ gifted) IQ 130-139

Orang very superior lebih cakap dalam membaca, memiliki daya ingat yang baik dalam bilangan, perbendaharaan kata yang luas, lebih cepat memahami pengertian yang abstrak. Pada umumnya, faktor kesehatan, ketangkasan, serta kekuatan lebih menonjol dibandingkan anak normal.

10. Genius IQ 140>

Orang kayak ini memiliki kemampuan menyelesaikan masalah serta bisa menemukan sesuatu yang baru meskipun dia tak bersekolah. Kelompok ini berada pada seluruh ras serta bangsa, dalam semua tingkat ekonomi baik laki-laki maupun perempuan. Contoh orang-orang genius ini merupakan Edison serta Einstein.

Comments