Tips Memilih Jenis Investasi Yang Tepat

Seringkali kita menemukan seseorang yang mempunyai penghasilan besar tetapi harta atau asetnya lebih sedikit bila dibandingkan orang lain dengan penghasilan yang lebih kecil. Salah satu penyebab utamanya merupakan pola hidup yang tanpa perhitungan atau boros. Gaya hidup kayak ini cenderung tak memungkinkan seseorang untuk menyisihkan uang sebagai tabungan atau dana cadangan.

Jikalau Anda merencanakan untuk segera menabung, maka terdapat sejumlah pilihan yang dapat dilakukan atau dapat pun dengan memulai investasi.


Dengan melakuka investasi berarti bahwa Anda telah menanamkan uang atau membeli aset dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Di sisi lain, investasi akan kerap memiliki resiko kerugian yang sewaktu-waktu dapat dialami.

Dengan kata lain, investasi dapat memberi keuntungan yang lebih besar serta sekaligus resiko kerugian yang lebih besar juga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sebaiknya mengenal terlebih dulu keuntungan serta kerugian yang mungkin dialami waktu mulai berinvestasi.

Secara garis besar, aset yang dapat jadi instrumen investasi terbagi jadi 2 yakni aset riil serta pun aset finansial. Aset riil merupakan aset dengan wujud yang dapat Anda simpan atau miliki seorang diri kayak properti, tanah serta pun logam mulia (emas).

Aset finansial pada dasarnya tak berwujud serta cuma berwujud kertas bukti kepemilikan. Contoh investasi aset finansial merupakan deposito, tabungan reksadana, saham, obligasi serta sebagainya. Pilih jenis investasi yang sekiranya amat cocok dengan kondisi keuangan Anda waktu ini serta tentunya memiliki prospek keuntungan yang paling besar.

Comments