6 Tips Menghemat Keuangan Agar Senantiasa Stabil

Gajian merupakan hal yang paling dinantikan oleh setiap karyawan, benar bukan? Ketika gajian tiba sudah pasti sudah ada mindmap yang terimpan dalam otak kita untuk memilah semua kebutuhan dan pastinya menginginkan sesuatu khususnya barang yang diinginkan. Pasti akan terbayang dalam pikiran kita, ingin ini ingin itu. Maka kamu perlu tips menghemat keuangan agar terhindar dari hasrat belanja yang tinggi.


Berhati-hati dalam mengolah keuangan memang perlu dilakukan. Jangan sampai gaji bulanan kamu yang baru saja diterima langsung ludes terbawa hasrat belanja kamu yang tidak ada rem pakemnya. Jangan khawatir, simak beberapa tips menghemat keuangan yang teruraikan dalam 6 poin berikut ini dapat membantu kamu berhemat.

1. Kunci dengan kuat kartu kredit kamu ya, biar tidak sampai limit

Salah satu tips menghemat keuangan yang tepat adalah dengan menyimpan kartu kredit maupun debit kamu di rumah. Sehingga dengan demikian kamu akan dapat mengontrol belanja kamu tidak berlebihan. Hanya mengandalkan uang tunai yang kamu pegang saat itu.

2. Boleh traktir teman tapi jangan terlampau loyal

Kebiasaan mentraktir dan memberikan hadiah kepada orang terdekat yang sering menjadi agenda pada momen-momen spesial memang baik. Akan tetapi jangan lakukan hal itu terlalu sering dan usahakan dengan kreatifitas kamu, tidak semuanya harus dibeli di toko atau tempat makan yang mewah. Sehingga tips menghemat keuangan ini bisa kamu aplikasikan secara tepat.

3. Mulai kurangi kebiasaan kamu melakukan delivery order

Kalau kamu punya kebiasaan yang satu ini, lebih baik kurangi kebiasaan tersebut mulai sekarang. Sebagai tips menghemat keuangan yang tepat adalah gunakan waktu luang kamu di luar jam kerja tersebut untuk berbelanja di pasar traditional untuk membeli bahan-bahan dan masak sendiri makanan favorit  kamu. Cara ini tentu akan sangat membantu kamu berhemat.

4. Kalau mau makan malam dengan pacar atau keluarga, pilih cara yang hemat

Jika kamu biasa pergi makan malam dengan pacar atau keluarga, maka bisa ganti kebiasaan tersebut dengan memasak sendiri dan melakukan makanan makan malam menyenangkan di rumah dengan dekorasi yang romantis kreasimu.

5. Lakukan dekorasi kamar dengan kreasi kamu

Ingin mendapatkan suasana baru di kamar kamu bisa kamu lakukan tanpa budget besar. Caranya dengan membuat berbagai kreasi dekorasi kamar dengan bahan-bahan murah yang kamu beli di pasar loak dengan barang-barang unik sesuai kreasimu. Lakukan pengecatan sendiri dinding kamar kamu sesuai keinginan kamu. Ini bisa jadi salah satu tips menghemat keuangan bulanan kamu tidak cepat ludes.

6. Ganti kendaraan roda empat kamu dengan sepeda roda dua yang lebih irit bahan bakar

Tips menghemat keuangan yang dapat kamu lakukan berikutnya adalah mengganti kendaraan roda empat kamu dengan sepeda atau motor sebagai alat transportasi ke tempat kerja jika jaraknya dekat. Atau bisa kamu gunakan sepeda atau motor sebagai kendaraan yang praktis menuju ke suatu tempat yang kamu tuju, misalkan pasar, mall, atau ke kampus. Selain akan berhemat bahan bakar, sehat juga akan kamu dapatkan.

Keenam tips menghemat keuangan tersebut bisa kamu praktekkan dalam mengatur gaji bulanan kamu tidak limit atau bahkan ludes. Antisipasi hal itu semua dengan berhemat.

Comments