Cara Sederhana Mengatasi Masalah Keuangan

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita tidak terlepas dari yang namanya uang. Dalam hal apapun kita pasti membutuhkan uang apalagi di zaman sekarang ini. Untuk memenuhi kebutuhan anda, pastilah anda memerlukan pekerjaan yang dapat menghasilkan banyak uang. Tetapi, ternyata dengan memiliki banyak uang, anda belum tentu dapat mengatur pengeluaran yang tidak menentu.

Anda pasti memerlukan solusi permasalahan keuangan yang tepat dalam masalah ini. Karena dengan begitu anda tidak akan mendapatkan masalah pada keuangan anda. Dalam memilih solusi permasalahan keuangan yang tepat anda harus berhati-hati karena banyak solusi yang hanya mengumbar janji. Biasanya penyebab masalah keuangan yang terjadi adalah ketidak tahuan anda dalam memanfaatkan uang yang anda dapatkan.


Anda dapat melakukan beberapa solusi permasalahan keuangan yang bisa membantu anda mengatasi masalah dalam keuangan anda. Untuk solusi permasalahan keuangan pertama yang dapat anda lakukan adalah mencatat pemasukan dan semua pengeluaran anda setiap harinya sekecil apapun itu, dengan begitu anda dapat meminimalisir pengeluaran anda yang kurang diperlukan setiap bulannya. Sedangkan untuk asset yang anda miliki, anda dapat memantau keuangannya setiap dua atau empat bulan sekali tergantung harta yang anda miliki.

Untuk solusi permasalahan keuangan kedua yaitu mengatur alokasi pengeluaran setiap bulannya. Sebenarnya sudah ada perhitungan sendiri untuk hal ini, 30% untuk membayar cicilan jika memang anda memiliki sesuatu untuk dicicil setiap bulannya,  10% untuk investasi yang suatu hari bisa menguntungkan bagi anda, lalu 5% bisa anda sedekahkan atau berbagi kepada fakir miskin dan 10% bisa anda gunakan untuk premi asuransi anda. Sedangkan 40% sisanya dapat anda gunakan sebagai kebutuhan sehari-hari dan menyisihkan sedikit untuk tabungan anda.

Untuk solusi permasalahan keuangan ketiga, anda bisa memisahkan pemasukan anda dengan membuat beberapa akun bank, pisahkan menurut kepentingan anda, misalkan operasi harian, tahunan dan dana darurat. Hal ini merupaka solusi yang efektif karena dengan begitu pengaturan keuangan anda tidak tercampur baur. Kemudian solusi permasalahan keuangan selanjutnya adalah mencari dana darurat dari investasi, misalkan anda menyisihkan 10% setiap bulannya, anda bisa membelikan emas, karena ini termasuk investasi kecil yang dengan mudah dapat dicairkan.

Hal terakhir dalam solusi permasalahan keuangan yang mungkin anda hadapi adalah menjadikan benda-benda yang anda koleksi sebagai investasi seperti tas branded atau barang lain yang nilainya cukup tinggi, tetapi dalam hal ini anda perlu mengenal banyak tentang pasar. Karena status pasar yang tertutup, hal ini membutuhkan sedikit kejelian anda dalam memasarkan barang berharga anda dengan harga yang tinggi. Dengan beberapa solusi yang telah dijelaskan di atas, anda bisa memulai mengatur uang anda dengan benar dan mudah, walaupun sebenarnya menjalankanya sedikit sulit, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba merubah keuangan anda menjadi lebih baik lagi.

Comments