Ini Penjelasan Mengapa Kepiting Jalannya Menyamping!

Manusia, serta hampir semua hewan di Bumi ini berjalan atau bergerak ke depan, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa cuma kepiting yang jalannya ke arah samping? Kaki mereka memang ada di sisi kanan serta kiri, tetapi bukannya laba-laba kakinya pun di samping? kenapa cuma kepiting yang berbeda?


Kaki spesial

Jawaban dari pertanyaan ini merupakan karena lutut kepiting bengkok keluar serta semuanya di samping tubuh. Kaki kepiting mempunyai lutut dengan sendi dengan gerakan terbatas (ke depan serta belakang saja) mirip kaki kita, tetapi sepuluh kaki mereka berada di bagian samping. Alhasil, struktur kaki ini cuma mengizinkan mereka untuk berjalan menyamping.

Di sisi lain, laba-laba masih memiliki kaki yang menghadap ke depan-belakang serta sendi yang lebih fleksibel, membuat mereka dapat berjalan ke depan.

Terjadi berkat evolusi

Kepiting tak tiba-tiba muncul dengan kaki menyamping kayak waktu ini, semua kakinya dapat jadi kayak itu berkat evolusi.

Kebanyakan hewan berjalan ke depan karena memang tujuan hidup mereka, demi pandangan mata serta gerakan tubuh yang lebih baik untuk memperoleh mangsa. perihal yang sama tak berlaku pada kepiting.

Kepiting menghabiskan sebagian besar waktunya berada di bawah pasir, hasilnya mereka mengembangkan bentuk tubuh yang pipih, lebar serta rata. Bentuk tubuh ini memudahkan mereka menggali serta bersembunyi di pasir. Nah, memiliki seluruh kaki di sisi kanan serta kiri membantu mendukung bentuk tubuh pipih tadi.

Selain itu, kepiting merupakan hewan pemakan bangkai atau sisa-sisa makanan lain, bukan pemburu aktif. Oleh karena itu mereka tak 'wajib' memiliki kaki yang dapat berjalan cepat serta mengarah ke depan guna menyergap mangsa. Tujuan utama mereka merupakan bersembunyi di bawah pasir serta menunggu makanan yang lewat atau memakan apa yang telah ada di sekitar.

Nyatanya ada kepiting yang berjalan ke depan

Menariknya, tak semua spesies kepiting nyatanya berjalan menyamping. Setidaknya hingga waktu ini teridentifikasi 3 spesies yang dapat berjalan ke depan serta belakang. Mereka merupakan kepiting katak (Raninidae), kepiting laba-laba kaki sembilan (Libinia emarginata), serta kepiting tentara (Mictyris platycheles).

Comments