Inilah 3 Perjanjian Yang Akhirnya Membuat Perang Dunia II Selesai

Perang dunia kedua merupakan perang yang berlangsung dari tahun 1939 hingga berakhir pada tahun 1945 yang melibatkan tak sedikit negara. Sekitar 100 juta pasukan militer dari aneka macam negara ikut jadi saksi akan keganasan sebuah perang yang memakan korban hingga 70 juta jiwa.

Perang dunia kedua ini diakhiri dengan tiga perjanjian antara pihak poros yang kalah ( Jerman, Italy, Jepang) dengan pihak Sekutu. Berikut 3 hasil perjanjian yang menandai berakhirnya perang dunia kedua tersebut.


1. Perjanjian Postdam (2 Agustus 1945)

Perjanjian ini menandai akhir dari perang antara Sekutu dengan Jerman. Perjanjian Postdam ini seorang diri dihadiri oleh Harry S. Truman (Presiden Amerika Serikat), Josep Stalin (Presiden Uni Soviet), serta Clement Richard Attlee (Perdana Menteri Inggris) pada tanggal 2 Agustus 1945. Keputusan yang dihasilkan merupakan sebagai berikut :

- Jerman dibagi dalam 2 tempat pendudukan yakni bagian timur oleh Uni Soviet, bagian barat oleh Amerika Serikat, Inggris, serta Perancis.

- Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah tempat pendudukan Uni Soviet, dibagi 2 bagian yakni Berlin Barat (Amerika Serikat, Inggris, Perancis) Berlin Timur (Uni Soviet).

- Danzig serta tempat Jerman sebelah timur Sungai Oder serta Neisse diserahkan pada Polandia.
Jumlah tentara serta peralatan militer Jerman mesti dikurangi.

- Penjahat perang, yakni tokoh-tokoh NAZI mesti dihukum di bawah pengawasan internasional.
Jerman mesti membayar ganti rugi perang pada Sekutu.

2. Perjanjian Paris (Februari 1947)

Perjanjian Paris merupakan perjanjian antara Sekutu dengan Italia yang ditandatangani pada tanggal 10 Februari 1947. Keputusan yang dihasilkan dalam perjanjian itu merupakan :
Seluruh jajahan Italia di Afrika Utara diambil alih oleh Inggris.

- Wilayah Italia diperkecil.
- Italia mesti membayar kerugian perang.
- Abessynia serta Albania memperoleh kemerdekaannya.
- Trieste jadi negara merdeka di bawah PBB.

3. Perjanjian San Fransisco (8 September 1951)

Pada tanggal 2 September 1945, di atas kapal Missouri diadakanlah pertemuan antara Jepang serta Sekutu (Amerika Serikat) yang hasilnya menyatakan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu. Perjanjian yang awalnya cuma bersifat sementara ini kemudian disahkan pada Perjanjian San Fransisco tanggal 8 September 1951. Rusia tak ikut menandatangani perjanjian ini sehingga tak mengakuinya. Perjanjian San Fransisco berisi:

- Kepulauan Jepang di bawah pengawasan Amerika Serikat.
- Kepulauan Kurile serta Sakhalin Selatan diserahkan pada Uni Soviet. Sedangkan Manchuria serta Taiwan diberikan pada Tiongkok.
- Tokoh-tokoh fasis diadili sebagai penjahat perang serta mesti dihukum di bawah pengawasan internasional.
- Jepang mesti membayar kerugian perang pada Sekutu.

Comments