Inilah Musa Ingens - Pohon Pisang Terbesar Di Dunia Asli Papua

Kita semua pasti telah mengenal pisang, baik buah maupun pohonnya. Ya pohon pisang dapat dikatakan jadi ciri khas wilayah-wilayah tropis.

Ada aneka macam jenis pisang yang kita kenal, dari pisang ambon hingga pisang gendruwo. tetapi apa Anda pernah mendengar perihal Musa Ingens, yang merupakan jenis pisang raksasa?

Musa Ingens merupakan spesies pisang langka yang dapat mencapai ukuran mengejutkan. Musa Ingens, merupakan pohon pisang terbesar di dunia yang tumbuh di hutan Papua Nugini serta Indonesia. Ini merupakan spesies pisang tertinggi serta tanaman herba terbesar di dunia.


Ukuran pisang Musa Ingens amat mengesankan. Pohon pisang ini dapat tumbuh hingga setinggi 15 meter; lingkar pangkal (bawah) batang semunya dapat mencapai 2 m. Sementara itu daun dapat mencapai panjang 5 meter serta lebar 1 meter. Itu benar-benar tak terduga.


Jikalau berbuah, setandan pisang ini bobotnya dapat mencapai 60 kilogram dengan panjang perbuah 18 cm serta diameter 3-4cm. Biji-bijinya berdiameter rata-rata 4-10 mm, serta buahnya tak layak dimakan kayak lazimnya pisang. Bunga pisang atau biasa disebut jantung pisang jenis ini, menggantung amat besar. Bunga bakal pisang dapat sepanjang 10 cm. Jantung pisang dapat berjumlah 20 sisir, masing-masing 16-25 bunga. tak heran begitu tak sedikit orang yang terpesona dengan tanaman pisang ini.


Sangat susah menemukan benih pisang jenis ini. jikalaupun ada ditemukan, pengembangbiakannya amat susah karena biji untuk tumbuh jadi cambah aja memakan waktu satu tahun atau lebih.

Tempat asal Musa Ingens merupakan hutan tropis dataran tinggi sekitar 1350-1800 meter di atas permukaan laut. Mereka menyesuaikan diri untuk tumbuh di iklim dingin. Fitur Musa Ingens ini sepenuhnya dijelaskan oleh NW Simmonds tahun 1960 sementara Jeff Daniells mempopulerkan tanaman ini setelah kunjungan studinya ke Papua Nugini pada tahun 1989.

Comments