Mengetahui Manajemen Dana Bank

Diera sekarang ini tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan Bank, karena memang keberadaan Bank sangat membantu banyak orang dalam berbagai kondisi. Bank bisa kita artikan sebagai sebuah badan yang akan menghimpun dana dari masyarakat luas berupa simpanan yang selanjutnya akan dikelola dan disalurkan kembali dalam bentuk pinjaman atau bentuk yang lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat luas.


Dengan definisi diatas maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa kegiatan utama yang dimiliki oleh Bank adalah mengumpulkan dana dari masyarakat yang menyimpanan dana, kemudian menyalurkan kembali dalam bentuk simpanan dengan baik dan benar. Tentu kita semua sudah sangat mengerti tentang hal ini, apalagi untuk sebagian orang yang terbiasa berurusan dengan Bank.

Lalu apa yang dimaksud dengan manajemen dana Bank? Untuk mengetahui apa itu manajemen dana Bank dengan jelas, mari kita bahas satu persatu dalam artikel kita kali ini.

Manajemen merupakan sebuah seni atau ilmu yang digunakan untuk mengatur sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia serta sumber daya lainya secara efisien dan efektif dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk dana Bank yaitu sejumlah uang yang dimiliki atau dikuasai Bank selama menjalankan kegiatanya.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Di Indonesia Dengan Gaji Puluhan Juta!

Dari kedua definisi tersebut apakah kalian sudah memiliki gambaran tentang apa itu manajemen dana Bank? Yang dimaksud dengan manajemen dana Bank merupkan sebuah ilmu atau seni yang didalamnya akan mengatur cara untuk mengumpulkan dana dari masyarakat dan mengelolanya dengan cost money yang wajar sehingga nantiinya dapat bersaing dengan Bank-Bank lainya.

Jadi manajemen dana Bank ini sangat menentukan keberadaan dari Bank itu sediri. Jika ia memiliki manajemen dana yang bagus, besar kemungkinan untuk tetap beroprasi dan bersaing dengan Bank lainya tetap ada.

Perlu kita semua ketahui bahwa ternyata manajemen dana Bank ini memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah lembaga usaha Bank. Bank akan melakukan berberapa upaya dalam rangka untuk mengelola dana yang ada di masyarakat dengan efektif dan efisien. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Bank seperti memberikan bunga tabungan yang besar agar masyarakat mau menabung uangnya, memberikan beberapa hadiah setiap bulannya dan masih banyak lagi.

Jadi secara garis besar manajemen dana Bank merupakan sebuah kegiatan Bank yang didalamnya meliputi sebuah perencanaan, pengendalian, serta pelaksanaan terhadap dana yang dimiliki oleh masyarakat dengn tepat dan efisien.

Baca Juga: Jadikan Hobi Dan Bakatmu Menjadi Bisnis

Berikut gambaran tetang apa itu manajemen dana Bank, mungkin anda akan berfikir informasi ini hanya akan bermanfaat bagi mereka yang bekerja di Bank saja. Sebenanrnya kita dapat mengadopsi hal ini dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk menjalankan sebuah usaha, sebenarnya modal bukanlah sebuah masalah yang besar, jika kita tidak memiliki modal cukup besar, kita dapat melakukan perputaran uang seperti yang dilakukan oleh Bank.

Comments

Post a Comment