Tips dan Trik Mengatasi Krisis Keuangan Dalam Rumah Tangga

Uang merupakan salah satu alasan terbesar yang menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga. Tak jarang pernikahan yang buyar gara-gara masalah keuangan. Masalah keuangan pun bukan perihal mudah untuk dijelaskan. tetapi jangan khawatir, The Stir (26/12) memiliki beberapa tips untuk mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga berikut ini.
 

1. Terbuka

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari keuangan merupakan bersikap terbuka. Baik pasangan sama-sama mencari uang atau cuma salah satu aja yang menghasilkan uang, seharusnya tak ada yang disembunyikan masalah pengeluaran. kerap diskusikan semua keputusan yang menyangkut keuangan, kayak pengeluaran, pemasukan, tabungan, serta lainnya.

2. Buat kesepakatan

Sebelum menghabiskan uang Anda, ada baiknya untuk membuat aturan yang disepakati bersama. Misalkan menentukan berapa persen yang harus ditabung, berapa budget yang digunakan untuk membayar tagihan, serta lainnya.

3. Tentukan tujuan jangka panjang

Dalam perihal keuangan, Anda pun harus cermat serta bijak dalam melihat masa depan. Tentukan beberapa perihal di masa depan yang membutuhkan tak sedikit uang. Misalkan biaya pendidikan anak, liburan, serta lainnya. Ini akan membantu Anda menyimpan uang serta tak kewalahan dikala saatnya tiba.

4. Menabung

Anda tak harus menabung tak sedikit di bank, tetapi sediakan tabungan kecil di rumah yang dapat Anda isi tiap minggu. Mungkin terdengar remeh, tetapi uang yang terkumpul dapat jadi amat berguna waktu dibutuhkan.

5. Tabungan bersama

Sebenarnya tak masalah Anda akan menggunakan tabungan bersama atau pribadi. tetapi sebelum memutuskan, ada baiknya Anda waspada dengan risiko serta pengaruhnya. Ada baiknya Anda pun berdiskusi dengan pasangan masalah ini, karena perihal ini pun disesuaikan dengan sifat pasangan.

6. Melacak pengeluaran

Sebelum membagi-bagi uang, ada baiknya Anda mulai melacak pengeluaran Anda sehari-hari. Ini amat berguna bila dilakukan semenjak awal pernikahan, karena Anda dapat mengira-ngira berapa pengeluaran rumah tangga tiap bulan. perihal ini pun membantu Anda mengetahui apa Anda terlalu boros atau hemat.

7. Membuat anggaran yang realistis

Pastikan anggaran Anda realistis serta dapat dikerjakan dengan baik. Jangan buat anggaran yang terlalu sedikit hingga Anda harus amat berhemat serta tak dapat menikmati hidup. Jangan pun tetapkan anggaran yang terlalu longgar hingga membuat hidup Anda boros.

8. Sisihkan 'uang senang-senang'

Sisakan sedikit uang untuk hiburan atau bersenang. Jangan banyak-banyak agar tak terlalu boros. Anda dapat menggunakan uang itu untuk makan malam bersama, nonton film, atau membeli sesuatu untuk keluarga. Anggap aja uang ini merupakan sebuah reward atas kerja keras Anda serta pasangan.

9. Rapat keuangan

Lakukan pertemuan atau rapat dengan pasangan untuk membicarakan masalah keuangan. Ini dapat dilakukan tiap minggu atau bulan. Meski namanya rapat, tetapi lakukanlah dengan suasana senang. serta jangan terlalu serius.

10. Berafiliasi untuk mengatur keuangan

Pastikan Anda serta pasangan saling berafiliasi untuk mengatur keuangan. Jangan terlalu mendominasi atau malah pasif bila berkaitan dengan pengeluaran atau pengaturan keuangan. Mungkin awalnya akan canggung, tetapi bila dibiasakan Anda akan memperoleh manfaat mengatur keuangan sebagai tim bersama pasangan.

Comments