Waktu Yang Pas Saat Berhenti Memberikan Uang Pada Anak

Tentunya semua orang menginginkan yang terbaik bagi anaknya, termasuk dalam hal finansial. Orang tua akan berusaha untuk memenuhi semua keinginan anaknya supaya anak dapat mendapatkan fasilitas yang baik. Akan tetapi,  anda sebagai orang tua harus  mengetahui waktu tepat berhenti memberi uang  yang tepat kepada anak. Karena jika anda terus menerus memenuhi kebutuhannya, ditakutkan anak akan terus bergantung kepada anda dalam finansialnya nanti.


Ketika anda memahami waktu tepat berhenti memberi uang  kepada anak, anda akan mengajarinya untuk bertanggung jawab atas dirinya ketika tumbuh dewasa. Anda harus sungguh-sungguh dalam hal ini, karena jika anda masih membantu anak anda dalam keuangannya ketika dewasa, anak akan selalu bergantung kepada anda dalam mengatasi masalah keuangannya.

Sebenarnya kapan waktu tepat berhenti memberi uang  kepada anak itu? Waktu yang tepat yaitu:

1. Ketika kondisi keuangan keluarga sedang bermasalah

Ketika dalam situasi seperti ini anda harus bisa membedakan mana yang bisa membuat keuangan keluarga stabil lagi dengan mengurangi pengeluaran yang biasa anda berikan kepada anak untuk membayar tagihan-tagihan yang lebih penting. Mengurangi pengeluaran untuk anak ini dimaksudkan untuk hal yang sifatnya diluar kebutuhan penting anak seperti pendidikan.

2. Ketika anak sudah memiliki penghasilan sendiri

Waktu tepat berhenti memberi uang  adalah saat anak telah memiliki penghasilan sendiri. Karena dengan begitu anak akan mencoba untuk belajar mengatur pengeluarannya sendiri dari hasil yang ia dapatkan tanpa tambahan pemasukan dari orangtua. Sehingga anak akan lebih teliti dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhannya yang dibutuhkan atau hanya hal yang diinginkan saja. Hal ini akan membuat anak sadar bahwa mencari uang tidaklah mudah, jadi harus memanfaatkanya dengan benar.

Baca Juga: Inilah 10 Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan

3. Saat anak menghadapi kondisi finansial yang buruk

Waktu tepat berhenti memberi uang  adalah ketika anak sedang menghadapi kondisi finansial yang buruk. Hal ini perlu anda lakukan supaya anak berusaha dengan caranya sendiri tanpa menerima bantuan dari anda, anak akan belajar bertanggung jawab atas kebutuhan dirinya sendiri.
Dalam hal ini anda harus tetap memantaunya dan secara bertahap melatihnya semakin mandiri, dengan begitu anak akan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

4. Saat anak tidak bisa mengatur sendiri keuangannya

Waktu tepat berhenti memberi uang  adalah ketika anak sudah tidak bisa mengontrol keuangannya sendiri, biasanya anak mudah terpengaruh dengan trend yang ada dilingkungan sekitarnya. Anak ingin mengikuti sesuatu yang sebenarnya tidak perlu diikuti, ketika anak mengikuti trend yang tidak ada habisnya, maka disinilah anak akan mendapatkan masalah keuangan yang buruk.
Disini, peran anda sebagai orang tua seharusnya menasihati dan mengajarkan kepada anak antara kebutuhan dan keinginan yang tidak ada habisnya. Dengan begitu, anak akan belajar untuk tidak mengeluarkan uangnya untuk hal sia-sia yang tidak dia butuhkan.

Nah, sebaiknya anda segera mengetahui waktu tepat berhenti memberi uang  kepada anak untuk mengajarinya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dikemudian hari.

Comments