Harus Baca! Fakta Super Unik Seputar Gigi

Harus Baca! Fakta Super Unik Seputar Gigi

Apa yang terbayang di kepala dikala membicarakan perihal gigi? Bagaimana ia dapat berlubang yang kemudian meunculkan rasa sakit? Mungkin tak sedikit perihal yang belum kita ketahui perihal gigi, termasuk fakta-fakta unik di sekitarnya.

Gigi kayak kita tahu merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh serta hidup kita. Tanpa gigi kita tak mungkin dapat mengunyah makanan, menggigit daging rendang kesukaan, atau tersenyum mengagumkan waktu berhadapan dengan orang yang kita kagumi serta kita sukai. Bayangkan apabila kita tak mempunyai gigi, barangkali sekarang kita kayak seorang bayi yang mesti makan bubur atau makanan lunak tiap hari.

Gigi merupakan bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari tak sedikit vertebrata atau makhluk bertulang belakang. Gigi memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkannya untuk melaksanakan tak sedikit tugas. Fungsi utama dari gigi merupakan untuk merobek serta mengunyah makanan. Pada beberapa hewan, terutama karnivora (hewan pemangsa daging), gigi berfungsi sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi, sepertiga bagian dari gigi tertutup gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi.

Salah satu fakta unik gigi lainnya merupakan tiap orang di dunia ini memiliki rangkaian gigi yang berbeda. dapat dibilang gigi kita sama uniknya dengan sidik jari. Jadi, banggalah akan bentuk gigi kita karena mereka berbeda dengan gigi orang lain. Fakta unik gigi berikutnya merupakan banyaknya penyakit yang dihubungkan dengan kesehatan gigi serta mulut. Contohnya, sakit jantung, osteoporosis, serta diabetes. Itulah kenapa menjaga kesehatan gigi serta mulut dianggap amat penting.

Gigi mulai membentuk sebelum manusia dilahirkan, dikala ia masih dalam rahim sang ibu, serta mulai muncul ke permukaan dikala si manusia tadi berusia 6 hingga 12 bulan. Jadi, jangan heran dikala menemukan bayi bergigi, kemungkinan besar sang ibu memakan tak sedikit kalsium dikala sedang mengandung sehingga pertumbuhan gigi si bayi lebih cepat dari biasanya.



Sumber : intisari-online.com

Comments