Resep Cara Membuat Gulai Ikan Spescial Enak Sajian Berbuka Puasa

Bagaimana Bunda telah persiapkan menu untuk berbuka puasa nanti belum? biasanya diawal awal kayak ini tentu Bunda  masih semangat semangatnya untuk membuat sajian hidangan buka puasa.

Hidangan enak serta special serta beraneka ragam dihadirkan pas menjelang berbuka puasa di awal awal ya Bunda. kayak resep gulai ikan yang jadi pembahasan kali ini, mungkin amat cocok anda sajikalaun disaat berbuka nanti.

Resep Membuat Gulai Ikan Special Sajian Berbuka


resep membuat gulai ikan sajian berbuka yang enak

Beberapa jenis ikan laut maupun ikan tambak dapat di olah jadi aneka macam macam olahan termasuk gulai ikan. Mungkin anda yang rumahnya dekat dengan pesisir pantai anda dapat pergunakan ikan laut. serta untuk anda yang kesusahan mencari ikan laut anda dapat pergunakan ikan air tawar

Tetapi pada sekmen kali ini kita akan membahas perihal gulai ikan nila. Karena harga ikan air tawar yang lebih terjangkau dibandingkan ikan laut oleh karena itu kita akan membahas perihal ikan air tawar. Ikan nila selain mempunyai daging yang amat gurih nila ini amat tak sedikit disukai orang, pun jenis ikanya gampang kita temui di pasaran.

Cara membuat gulai ikan ini tergolong amat mudah jadi tak memerlukan tak sedikit waktu untuk membuat masakan yang satu ini. Dengan sedikit sentuhan bumbu serta cara penggolahan ikan nila bisa menarik hati selera berbuka anda apalagi sikecil dijamin jadi tambah semangat puasanya.Penasaran kan bunda bagai mana proses pembuatannya? Segera kita lihat bersama apa aja serta bagai mana cara membuat gulai ikan yang gurih serta lezat berikut ini.

Bahan bahan membuat gulai ikan;

- Persiapkan sekitar 500 gram ikan nila segar atau ikan yang lain sesuai selera
- 2 buah tomat yang berwarna merah
- 5 utas kacang panjang sebagai varian isi gulai
- Resep Membuat Gulai Ikan Special Sajian Berbuka
- resep membuat gulai ikan sajian berbuka yang enak serta sehat

Bahan bahan untuk bumbu halus;

- 10 siung bawang merah kupas kemudian potong potong
- 6 siung bawang putih kpas serta potong potong juga
- 10 biji cabai merah kriting yang masih segar
- 1 sdk teh ketumbar
- Sekitar 1 ruas jari kunyit kupas serta bersihkan
- Sekitar 5 biji kemiri
- 1 ruas jari lengkuas lalu memarkan
- Daun salam sekitar 2 lembar
- Daun jeruk purut 3 lembar
- Batang serai yang berwarna putihnya aja 1 batang
- 3 sendok minyak goreng
- Asam jawa 2 biji
- 1 liter santan kelapa
- Batang kayu manis kurang lebih 1 batang
- Penyedap rasa
- Garam dapur secukupnya
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat gulai ikan;

- Bersihkan terlebih dahulu ikan dari kotoran yang masih menempel, di air yang mengalir tiriskan
- Haluskan semua bahan bumbu yang telah dipersiapkan tadi terkecuali daun jeruk, daun salam , batang serai pun asam jawa
- Setelah bumbu tadi halus tumis dengan sedikit minyak sayur, tambahkan daun jeruk, daun salam batang serai pun asam jawa. Adauk semua bahan tumis hingga bumbu matang serta mengeluarkan bau harum
- Masukkan daging ikan kedalam wajan yang telah berisi tumisan bumbu yang telah masak, ratakan
- Tambahkan santan kelapa, garam , serta gula pasir masak hingga santan mendidih sesekali aduk agar santan tak pecah tetapi jagan terlalu sering pun ahar tekstur ikan tak hancur.
- jikalau kuah telah mendidih masukkan kacang panjang pun irisan tomat segar masak kembali hingga sayur kacang panjang ini matang
- Gulai ikan siap disajikalaun untuk hidangan berbuaka puasa

Sajikalaun gulai ikan ini sebagi kawan makan nasi bersama sayur atau lauk yang lainya. Sekian resep gulai ikan kali ini. Semoga resep ini dapat jadi menu special di rumah anda nantinya. Terimakasih telah ikut hingga akhir serta hingga jumpa diresep yang special lainya.

Comments