Resep Membuat Es pisang Ijo Buat Tenggorokan Segar

Satu lagi resep es untuk menambah daftar resep aneka takjil yang telah anda persiapkan untuk menjelang bulan puasa yang akan datang.

Es pisang ijo dapat jadi selingan hidangan takjil yang anda siapkan waktu bulan puasa nantinya. Es ini memang belum begitu dikenal tak sedikit orang lain halnya kayak es campur maupun es teler yang telah tak sedikit dikenal orang.



Resep Membuat Es pisang Ijo yang Enakresep membuat es pisang ijo sederhana serta enak banget
tetapi es yang berasal dari tempat Sulawesi yang lebih tepatnya lagi dari tempat kota Makasar ini mempunyai rasa yang amat enak. Tak cuma enak Bun, minuman es pisang ijo ini mempunyai tak sedikit kandungan serat yang baik unuk kesehatan pencernaan kita. Dijamin waktu  anda mencobanya pasti bakalan ketagihan serta akan terus mencobanya lagi.

Pisang yang dipergunakan dalam membuat es pisang ijo disini paling enak biasanya menggunakan pisang raja, kepok atau tanduk. pasti gak kayak namanya es pisang ijo mesti menggunakan bahan dasar pisang ijo. Karena pisang yang berjenis pisang ijo ini kurang cocok dijadikan olahan makanan, pisang ijo seorang diri paling cocok dimakan langsung karena tekstur jenis pisang ijo amat lembek serta berair bila diolah.

Mari kita langsung aja melihat bagaimana proses membuat es pisang ijo dibawah ini agar bunda dapat dengan mudah membuatnya sendri dirumah.


Bahan bahan memuat es pisang ijo;

- 6 buah pisang raja atau kapok atau tanduk yang telah masak.
- Sirup yang bewarna merah (sirup cocopandan atau rose)
- Serutan es balok.
- 80 ml gula pasir.
- 150 gram tepung beras.
- 50 gram sagu.
- 10 helai daun pandan.
- 10 helai daun suji.
- 50 gram terigu.
- 200 ml santan, dan
- Garam secukupnya.
- Resep Membuat Es pisang Ijo yang Enak
- resep es pisang ijo sederhana serta enak


Bahan bahan membuat kuah  es pisang ijo

- Tepung beras sebanyak 150 gram.
- Gula pasir sebanyak 80 gram, dan
- Daun pandan sebanyak 10 helai
- Proses membuat es pisang ijo
- Proses pertama membuat pisang ijo kita kukus terlebih dahulu pisangnya terlebih dahulu hingga matang
- Sembari menunggu pisang matang kita dapat persiapkan yang lainya, haluskan daun suji degan cara diblender dengan campuran air sebanyak 80 ml. Blender hingga benar banar halus kemudian saring ambil airnya
- Setelah itu campurkan tepung beras, tepung sagu, serta gula pasir, tepung terigu santan serta daun pandan, jagan lupa menambahkan pun air perasan daun sujinya, aduk kesemua bahan hingga baenar benar tercampur rata serta adonan berubah jadi kalis.
- Ambil sedikit adonan pipihkan serta isi dengan buah pisang yang telah dikukus serta didiginkan terlebih dahulu, gulung serta rapikan hingga semua sisi bagian buah pisang tertutup oleh adonan laksanakan hingga semua adonan habis
- Kemudian kukus hingga berwarna hijau segar, yang berarti pisang ijo telah matang.


Cara membuat kuah es pisang ijo :

- Langkah pertama, iris daun pandan tadi yang telah dipersiapkan, serta blender hingga halus serta saring ambil airnya
- Campurkan air saringan daun pandan  tadi dengan gula pasir serta beras hingga tercampur rata – rata.
- Aduk – aduk campuran itu sambil di masak dengan api yang kecil, proses memasak kuah ini  hingga berubah jadi kental.
- jikalau telah kental, angkat serta biarkan hingga dingin

Cara menyajikalaun es pisang ijo;

- Ambil pisang yang telah dibungkus dengan adonan serta telah dikukus tadi, lalu potong – potong jadi beberapa bagian sesuai selera serta letakkan dipiring saji.
- Tambahkan es serut diatas pisang tersebut, lalu siram dengan kuahnya, serta terakhir sirup rose atau cocopandan, serta santannya.
- Sekarang es pisang ijo telah siap anda sajikalaun sebagai makanan pembuaka waktu berbuaka puasa anda serta keluarga


Mudahklan cara membuat es pisang ijo, es segar, sehat kaya serat serta tentu amat enak. Anda pun sekarang dapat menikmati makanan ini kapanpun anda mau.Semoga resep diatas bermanfaat serta hingga jumpa pada resep resep berikutnya ya

Sumber: kulinersehat.com

Comments